TERM OF REFERENCE (TOR) PEMILIHAN DUTA GENRE PROVINSI NTB 2019



TERM OF REFERENCE (TOR)
PEMILIHAN DUTA GENRE PROVINSI NTB 2019

A.   Latar Belakang

Undang-undang Nomor 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga Pasal 47 telah mengamanatkan kepada Pemerintah dan Daerah untuk menetapkan kebijakan pembangunan keluarga melalui pembinaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga, agar dapat mendukung keluarga untuk melaksanakan 8 fungsi keluarga, yaitu fungsi keagamaan, sosial budaya, cinta kasih, melindungi, reproduksi, sosial dan pendidikan, ekonomi, dan pembinaan lingkungan sehingga akan dihasilkan keluarga berkualitas yang kemudian akan melahirkan generasi yang lebih baik dan berkarakter.

Program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), secara khusus dilaksanakan untuk mendukung Nawacita Cita ke-5 yaitu “meningkatkan kualitas hidup manusia indonesia”, serta secara umum mendukung Cita ke-3 “membangun indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan Republik Indonesia” dan Cita ke-8 yaitu melakukan “revolusi karakter bangsa”. Kemudian dari sisi Dimensi Pembangunan, BKKBN masuk di dalam Dimensi Pembangunan Manusia dalam prioritas Kesehatan dan Pembangunan Mental/Karakter Bangsa.

Untuk menciptakan generasi yang lebih baik dan berkarakter, diperlukan adanya suatu gerakan revolusi mental yang dilaksanakan melalui internalisasi nilai-nilai esensial yang di mulai dari individu, keluarga, masyarakat dan institusional.

Jumlah penduduk usia 10-24 tahun di Indonesia saat ini telah mencapai sekitar 66,3 juta jiwa atau sekitar 25,6 persen dari total jumlah penduduk di Indonesia. Ini berarti 1 di antara 4 penduduk adalah remaja.

Jumlah remaja yang besar tersebut akan dapat menjadi aset yang luar biasa bagi bangsa dan negara Indonesia apabila dikelola dengan baik, sebab di tangan remaja-lah masa depan Indonesia berada. Remaja saat ini akan menjadi bagian dari Generasi Emas Indonesia, generasi yang pada tahun 2045, saat Indonesia memasuki usia 100 tahun merdeka, akan berusia antara 35-54 tahun. Generasi ini akan berada pada usia produktif sehingga secara pasti akan mewarnai dan menjadi nahkoda bangsa ini. Generasi emas nantinya diharapkan menjadi generasi yang cerdas dan komprehensif, yaitu produktif, inovatif, damai dalam interaksi sosialnya, sehat dan menyehatkan dalam interaksi alamnya, serta berperadaban unggul. Generasi emas disemai melalui pembangunan karakter dalam pembangunan keluarga yang menggunakan pendekatan siklus kehidupan. Karena itu, membina remaja adalah investasi yang luar biasa penting.

Dalam rangka merespon permasalahan remaja saat ini, BKKBN mengembangkan Program Generasi Berencana (GenRe). Program GenRe adalah program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang Pendewasaan Usia Perkawinan sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi. Program GenRe adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa dikalangan generasi muda. Program GenRe merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa karena mengajarkan remaja untuk menjauhi Pernikahan Dini, Seks Pranikah dan Napza guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa.

Untuk mencapai tujuan diatas, maka di dalam program GenRe dikembangkan materi-materi diantaranya adalah Kesehatan Reproduksi Remaja, Life Skill, Penyiapan Kehidupan Berkeluarga, serta Kependudukan dan Pembangunan Keluarga. Program GenRe dilaksanakan melalui pengembangan Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja dengan pendekatan dari, oleh dan untuk remaja sesuai dengan kecenderungan remaja yang lebih menyukai bercerita tentang permasalahannya dengan teman sebaya. Jumlah PIK Remaja saat ini tercatat sekitar 23.579 yang keberadaannya tersebar di 34 Provinsi. Kelompok PIK Remaja diharapkan menjadi wadah bagi mereka untuk berkumpul, berbagi cerita, berkreatifitas dan saling tukar informasi.

Dalam rangka meningkatkan sosialisasi dan promosi program GenRe, khususnya melalui pengembangan PIK Remaja sebagai sebuah wadah pelayanan informasi dan konseling, maka diperlukan figur motivator dari kalangan remaja. Figur motivator inilah yang akan menjadi wakil atau Duta GenRe. Dengan adanya Duta GenRe, sosialisasi dan promosi program GenRe dilingkungan remaja akan lebih efektif karena komunikasi yang terjalin dilakukan dengan pendekatan dari, oleh dan untuk remaja sehingga menjadi ramah remaja. Disamping itu, dilingkungan remaja secara umum, icon Duta GenRe dirasa memberi nilai lebih dalam sosialisasi dan promosi program GenRe.

Untuk tetap memupuk kebersamaan dan semangat para remaja yang berada di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat yang tergabung dalam PIK Remaja di seluruh kabuapten/kota, maka BKKBN melalui Bidang Kesejahteraan Sosial dan Pembangunan Keluarga akan mengadakan acara Pemilihan Duta Genre NTB 2019.

Pemilihan Duta GenRe NTB, merupakan acara tahunan yang rutin diselenggarakan oleh Perwakilan BKKBN NTB dan Forum GenRe NTB, untuk memilih figur pemuda (usia 10-24 tahun) yang akan menjadi role model dan spoke person Perwakilan BKKBN NTB, dalam meningkatkan pemahaman remaja mengenai program GenRe (Generasi Berencana), triad kesehatan reproduksi remaja (seksualitas, hiv/aids & napza) dan memotivasi serta membimbing remaja untuk melewati 5 transisi kehidupan remaja, mulai dari melanjutkan pendidikan, membangun karir, membina keluarga kecil bahagia sejahtera, menerapkan pola hidup sehat dan bersosialisasi kepada masyarakat.

Sejak tahun 2010, Perwakilan BKKBN Provinsi NTB dan Forum GenRe NTB terus berkomitmen, meningkatkan kualitas remaja Provinsi NTB, melalui kegiatan pemberdayaan dan Pemilihan Duta GenRe NTB, setiap tahunnya, kegiatan ini telah banyak melahirkan remaja remaja yang tidak hanya mampu menjadi role model bagi teman sebayanya, tetapi juga menjadi remaja yang sukses dalam karir dan kehidupannya.

Kegiatan Pemilihan Duta GenRe NTB merupakan upaya mendukung pelaksanaan nawacita dalam upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan membentuk karakter bangsa melalui revolusi mental dan menjadi wadah bagi remaja untuk menyongsong Indonesia emas 2045 dan mempersiapkan remaja dalam meningkatkan potensi dan life skill para remaja dalam bonus demografi.

B.      Tujuan
1.      Tujuan Umum
Tujuan umum diselenggarakannya PEMILIHAN DUTA GENRE NTB 2019, adalah untuk memilih Duta GenRe NTB dan meningkatkan kreativitas, pengetahuan dan pemahaman remaja tentang program KKBPK, khusunya GenRe.

2.      Tujuan Khusus
1.         Meningkatnya pengetahuan, keterampilan, sikap kerja dalam pengelolaan dan pelayanan PIK Remaja serta Forum GenRe NTB pada teman-teman sebaya;
2.         Meningkatnya kreatifitas remaja dalam pengembangan kegiatan-kegiatan program GenRe yang ramah remaja untuk meningkatkan sosialisasi dan promosi program GenRe di lingkungan pendidikan dan masyarakat;
3.         Meningkatkan promosi program GenRe melalui jaringan komunikasi media digital yang relevan;
4.         Mengembangkan citra positif program GenRe melalui figur Duta GenRe NTB & Pusat Informasi dan Konseling Rema;
5.         Terlaksananya kegiatan GenRe peduli dan berbagi melalui bakti sosial kepada masyarakat;
6.         Mengembangkan jumlah PIK R dan remaja yang terakses program GenRe melalui figur Duta GenRe NTB, dan
7.         Membinmbing dan mengembangkan potensi remaja melalui pengimplementasian program GenRe.

C.        Hasil Yang Diharapkan
  1. Meningkatkan Indeks Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja Melalui Pemanfaatan Media Ramah Remaja;
  2. Meningkatkan Median Usia Kawin Pertama Pada Remaja Laki- laki dan Perempuan, dan
  3. Menurunkan ASFR 15-19 Tahun termasuk menurunkan angka KTD.

D.       Pelaksanaan Kegiatan
Pemilihan Duta GenRe NTB Tahun 2019 akan diselenggarakan pada tanggal 18-20 April

E.        Syarat Peserta

1.      Berdomisili di NTB (Akademisi, sekolah/PT, organisasi remaja & komunitas dari wilayah provinsi NTB)
2.      Berusia 16-22 Tahun;
3.      Belum Menikah dan Tidak akan menikah selama menjabat;
4.      Memiliki pemahaman yang luas tentang program GenRe (Generasi Berencana), dan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK);
5.      Bersedia mengabdi dan menjalankan tugas sebagai Duta GenRe selama masa jabatan dan apabila diperlukan, dan
6.      Memiliki visi dan misi memajukan PIK remaja  dan berkarya bersama Forum GenRe NTB.

F.         Indikator Penilaian
1.    Pengelolaan PIK Remaja;
2.    Memiliki pemahaman yang baik terhadap substansi program genre, meliputi kesehatan reproduksi remaja, life skill, penyiapan kehidupan berkeluarga, kependudukan dan pembangunan keluarga;
3.    Memiliki kreatifitas yang bisa dibuktikan dengan program nyata dan inovasi yang telah dilakukan;
4.    Berkepribadian baik dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik;
5.    Memiliki jiwa kepemimpinan dan motivasi yang positif, dan
6.    Memiliki prestasi skala Kabupaten, Provinsi, nasional dan internasional.



G.       Tema
Tema Pemilihan Duta GenRe NTB 2019 adalah Integritas dan Kreativitas Generasi Gemilang NTB Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Merupakan tema yang diangkat dalam Pemilihan Duta Genre NTB 2019, yang bertujuan untuk menciptakan pergerakan dalam bidang pemberdayaan ilmu pengetahuan dan menciptakan remaja provinsi NTB yang berdaya melalui ekonomi mandiri, dan diharapkan melalui pemilihan Duta GenRe NTB 2019, akan lahir sosok individu yang siap melakukan aksi nyata melalui kolaborasi dalam berkarya bersama Duta GenRe NTB, Pusat Informasi Konseling Remaja, serta berbagai Stakeholder dan Kementerian/Lembaga Lintas Sektor.

H.       Waktu & Tempat Kegiatan

1.      Pendaftaran                                         : 1- 23 Maret 2019
2.      Pengumuman Lulus Administrasi       : 29 Maret (Sosial Media FG NTB)
3.      AUDISI Pulau Sumbawa                   : 1-2 April (Kabupataen Dompu)
4.      AUDISI Pulau Lombok                     : 8-9 April (Hotel Golden Palace, Mataram)
5.      Pengumuman 20 besar                        : 11 April 2019  Sosial Media GenRe NTB
6.      Pengumpulan video Triad GenRe       : 11-17 April 2019 Sosial Media GenRE NTB
7.      Karantina                                            : 18-20 April 2010 Hotel Golden Palace, Mataram
8.      Final                                                    : 20 April 2019 di Atrium Lombok Epicentrum Mall

I.          Rangkaian Kegiatan
1.    Kelas Seminar Genre
adalah kegiatan pemberdayaan Finalis Duta Genre Provinsi Nusa Tenggara Barat melalui pemberian materi dari para narasumber yang berkompeten dibidangnya, untuk menciptakan remaja Provinsi NTB yang berdaya saing melalui pembekalan materi dan pembekalan substansi program genre, kemampuan komunikasi, Public speaking class, , leadership building dan personal branding.
2.      Post Test
Adalah kegiatan yang dimaksudkan untuk mengevaluasi kemampuan para peserta finalis Duta Genre NTB tentang materi GenRe dan Program KKBPK.
3.    Giat Kepemimpinan
merupakan kegiatan yang dirancang khusus untuk menciptakan sikap dan jiwa kepemimpinan bagi Finalis Duta Genre Provinsi NTB, membangun kepercayaan diri dan kekompakan antar sesama


4.    Malam Penganugrahan
adalah kegiatan hari puncak untuk memilih remaja terbaik yang akan menjadi Duta Genre NTB 2019 melalui serangkaian acara malam final
H.       Sumber Dana
Penyelenggaraan kegiatan ini didukung dari DIPA Perwakilan BKKBN Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2019.

J.        Penutup
Demikian TOR ini dibuat sebagai informasi untuk persiapan penyelenggaraan kegiatan Pemilihan Duta GenRe NTB 2019.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengenalan Forum GenRe NTB